Telat Gara Gara Anak Kunci Nyangkut di Pintu?? Yuk Perbaiki Dalam 3 Menit

Posisi kedua kunci lurus sejajar
Pernahkah sobat telat gara-gara anak kunci pintu rumah nyangkut di lobangnya? Aaaa... pasti sakitnya tuh di sini (pegang apa aja yang bisa dipegang)...

Beberapa hari kemaren saya juga mengalami hal yang sama saat hendak pergi sholat kemesjid, kuncinya tiba-tiba rewel tak mau lepas dari maknya, makin dipaksa makin susah keluarnya, mana saya udah telat lagi. Dengan sedikit berdamai dan menenangkan jiwa, lambat-lambat saya coba lagi putar-putar tu kunci berharap kelemah-lembutanku bisa memmbujuk sang anak lepas dari induknya. 

Imam mesjid terdengar terus saja melanjutkan sholatnya tanpa menghiraukan kesibukanku bercengkrama dengan pintu (biasanya sih sama dinding -malam minggu). Setelah membuat deal-deal (emang lagi jual beli) akhirnya sang anak mau lepas dari induknya namun sholat jamaah juga hampir usai dan keringat pun mulai bergerilya dibalik bajuku.

Karena penasaran, sepulang dari mesjid saya coba lagi masukkan anak kunci tersebut dan pas mau nyabutnya tetap sama susahnya dengan waktu pertama tadi. Itu dia kisah nyangkut nyangkutanku yang bikin greget.

Naah... karena saya itu rasa ingin tahu, tempe, bakwan, pisang gorengnya tinggi (itu gorengan), saya mulai amati, identifikasi, baru kemudian saya dapatkan hipotesa, trus saya tidur (anak IPA pemalas sedang penelitian). Ya begitulah, saya coba amati apa yang salah dengan kuncinya kenapa tidak mau dicabut, setelah sekian menit coba-coba keluar masukin anak kunci tersebut akhirnya ketemu penyebabnya, POSISI LOBANG KUNCINYANYA MIRING, normalnya ketika pintu dalam keadaan terkunci atau terbuka posisi kunci selalu lurus, bisa landscape ataupun potrait (rebah/tegak) tergantung pabrikan. 

Posisi miring ini akibat dari memasukkan kunci dari kedua sisi pintu, karena ketika kedua lobang kunci berisi anak kunci maka lobang kunci akan lose, bisa berputar tanpa mengunci atau membuka dan masing masing anak kunci yang tertancap bisa berputar kemana saja tanpa harus searah.

Itulah penyebab kunci sulit dikeluarkan, maka cara yang bisa ditempuh untuk mengembalikan posisi kunci adalah dengan kembali memasukkan kedua anak kunci di kedua lobang kunci (timbal balik), gunakan kunci cadangan untuk yang satunya dan kemudian secara bersamaan memutar kedua kunci kembali keposisi lurus setelah itu dijamin dia akan normal kembali...

Udah itu aja...
Enjoy your day and follow your passion

Keep Smile!!
Semoga bermanfaat!


G+

Related Posts:

15 comments

Trimakasih pak. Masalah sya selesai 1 menit ��

Tetep gak bisa pak. Gimana ya?😔

Makasih gan, akhirnya bisa lepas juga nih kunci, walau udah telat kuliah 30 menit sih

Makasih infonya pak, sangat membantu
Meski sudah telat 45menit TT

Alhamdulillah Terimakasih infonya sangat membantu ..masalah saya selesai dalam 1 menit 😊

Saya coba ya . Kalo misalkan gagal gimana ini ?

Alhamdulillah pusingnya ilang. Saya kira cuma teori. Makasiii pakk

Alhamdulillah, Barokallah Pak sudah bisa dicabut kuncinya
hampir dimarahi bos kalau toko ga bisa ditutup nih :D

Makasih guys...1 menit lngsung bisa

Uwuu makasih banyaakk buat sarannya. Meskipun agak lama benernya seenggkanya kuncinya bisa dicabut. Makasiihhhh